Mobirise Website Builder

Dicky - 10 Jul 2024

Sebagian orang yang mengalami Fear of Missing Out (FOMO) akan melakukan berbagai cara agar tidak ketinggalan tren. Misalnya, ada yang menggunakan joki Strava untuk bisa mengikuti tren pelari yang mampu berlari jarak jauh atau cepat.


Namun, melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kepribadian dan nilai pribadi sama dengan membohongi diri sendiri. Sebaliknya, mengikuti passion berdampak positif. Lalu, bagaimana cara menemukan passion agar terhindar dari FOMO?


1. Ikut Psikotes atau Lihat Keseharian

Psikolog Meity Arianty menyarankan agar setiap orang mengetahui apa yang disukai dan diinginkan. Jika belum tahu passion, bisa melakukan psikotes atau melihat kegiatan sehari-hari yang disukai. Kegiatan yang disukai akan diulang terus menerus dan memberikan hasil maksimal.


"Atau, melihat keseharian kita untuk mengetahui mana kegiatan yang sekiranya sangat disukai," ujarnya sebagaimana dilansir Kompas.com, Senin (8/7/2024). 


"Dan hasilnya bisa terlihat jelas. Sebab, jika hanya ikut-ikutan, biasanya tidak bertahan lama. Dan kita tidak melakukannya dengan sepenuh hati. Hasilnya pun tidak maksimal," kata Meity. 


2. Perkenalkan Banyak Aktivitas Sejak Kecil

Perkenalkan anak pada berbagai aktivitas seperti olahraga, kesenian, atau literatur agar mereka menemukan passion-nya. Jika sudah dewasa, seseorang seharusnya sudah mengenal diri dan tahu mana yang disukai serta memberikan hasil maksimal.


"Nantinya, anak itu akan menemukan passion-nya. Namun, jika sudah dewasa, seharusnya seseorang sudah cukup mengenal dirinya. Tahu mana yang disukai dan dapat menghasilkan sesuatu secara maksimal," terang Meity.


3. Pergi ke Tenaga Ahli

Psikolog Fitri Jayanthi menyarankan mengenal diri sebagai langkah awal menemukan passion. Jika kesulitan, bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk membantu mengenal diri sendiri.


"Jika memang perlu bantuan, tenaga profesional siap membantu setiap individu untuk mengenal dirinya sendiri agar mengetahui passion dalam dirinya," ungkap dia saat dihubungi, Senin. 


4. Coba Berbagai Aktivitas

Jika belum yakin untuk meminta bantuan, cobalah berbagai aktivitas. Dengan mencoba aktivitas baru, ada kemungkinan menemukan passion. Jika ada percikan ketertarikan, selami lebih dalam aktivitas tersebut.


"Secara analogi, jika ada percikan api dalam diri saat melakukan aktivitas tersebut, berarti kita memiliki ketertarikan dalam bidang tersebut. Lalu yang perlu kita lakukan adalah menyelam lebih dalam di aktivitas tersebut," jelas Fitri.

© Copyright 2024 Kupas Jambi - All Rights Reserved