Mobirise Website Builder

Dicky - 15 Aug 2024

Google resmi meluncurkan seri smartphone terbarunya, Pixel 9, dalam acara "Made by Google" pada Selasa (13/8/2024) di Amerika Serikat. Seri ini mencakup Pixel 9 reguler, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold, semuanya ditenagai oleh chipset terbaru Google, Tensor G4.


Pixel 9 series tidak hanya mengandalkan perangkat keras, tetapi juga dilengkapi dengan sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (AI). Fitur-fitur ini hadir berkat integrasi model AI Gemini dengan Android.


"Dengan integrasi mendalam Gemini ke dalam Android, kami merevolusi sistem operasi dengan AI sebagai intinya. Kami juga mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan oleh sebuah smartphone," ujar Sameer Samat, President Android Ecosystem Google, dalam postingan di blog resmi Google.


Salah satu fitur AI unggulan di Pixel 9 series adalah Gemini Live, yang merupakan asisten digital bawaan ponsel ini. Berikut ini rincian dari fitur Gemini Live dan fitur AI lainnya di Pixel 9 series, sebagaimana dilansir oleh Kompas.com:


1. Gemini Live

Gemini Live diumumkan pertama kali dalam acara peluncuran Made by Google. Menurut Google, Gemini Live menawarkan pengalaman interaksi yang lebih natural dengan chatbot Gemini. Fitur ini mirip dengan Google Assistant yang ditenagai oleh AI, di mana pengguna dapat memberikan berbagai perintah atau mengajukan pertanyaan melalui suara.


Salah satu kelebihan Gemini Live adalah fleksibilitas dalam berkomunikasi. Pengguna dapat menyela respons untuk meminta penjelasan lebih lanjut atau menunda obrolan dan melanjutkannya di waktu lain. Gemini Live juga dilengkapi dengan 10 versi suara yang berbeda, yang dapat dipilih dan diubah kapan saja.


Untuk mengakses Gemini, pengguna cukup menekan tombol power dan berkata "Hei Google". Selain itu, ada opsi "Ask about this video" untuk mendapatkan penjelasan dari Gemini tentang video di YouTube. Asisten suara berbasis AI ini bisa berjalan di latar belakang atau bahkan saat ponsel terkunci, namun saat ini Gemini Live hanya tersedia dalam bahasa Inggris untuk pelanggan Gemini Advanced, versi berbayar yang paling canggih.


2. Circle to Search

Google meningkatkan fitur Circle to Search pada Pixel 9 series. Selain dapat melingkari objek untuk pencarian yang lebih mudah, fitur ini sekarang memungkinkan pemotongan objek dengan ukuran proporsional seperti foto, yang kemudian bisa dibagikan melalui pesan teks atau e-mail.


3. Editing AI

Google juga menyertakan dukungan AI untuk kamera dan fitur edit di Pixel 9 series, seperti "Add Me" yang memungkinkan pengguna menambahkan seseorang ke dalam foto yang sudah diambil. Fitur ini menggabungkan dua foto dengan bingkai yang sama menjadi satu. 


Ada juga Magic Editor, alat edit foto berbasis AI yang bisa menyarankan pemotongan gambar agar lebih proporsional atau memperluas latar belakang foto dengan mengisi detail menggunakan AI generatif. Fitur "Reimagine" memungkinkan penambahan elemen baru ke foto, seperti daun yang berguguran atau rumput yang lebih hijau.


4. Transkrip Telepon

Pixel 9 series juga dilengkapi dengan fitur Call Notes, yang secara otomatis menyimpan ringkasan atau transkrip dari panggilan suara, seperti jadwal pertemuan atau alamat yang disepakati selama telepon. Fitur ini diproses langsung di perangkat tanpa mengirim data ke server Google, dan semua pengguna yang terlibat dalam telepon akan diberi tahu bahwa Call Notes aktif.


Pengguna bisa menambahkan jadwal tersebut ke Google Calendar untuk membuat pengingat. Jika pengguna mengambil screenshot dari situs web restoran, Pixel Screenshots akan menawarkan pintasan untuk menghubungi restoran atau menavigasi ke sana melalui Google Maps.


5. Pixel Studio

Pixel Studio adalah generator gambar berbasis AI yang memungkinkan pengguna membuat sketsa gambar dari perintah teks. Dengan fitur ini, pengguna Pixel 9 series dapat membuat gambar animasi hanya dengan menggunakan perintah teks. Fitur ini hadir berkat dukungan chipset Tensor G3 dan model AI generatif Imagen 3, dan gambar yang dihasilkan dapat dibagikan melalui e-mail atau pesan teks.


6. Info Cuaca

Google juga menggunakan AI untuk memberikan laporan cuaca yang lebih akurat kepada pengguna Pixel 9 series. Informasi cuaca dikurasi secara spesifik sesuai dengan lokasi pengguna dan ditampilkan di bagian atas aplikasi Weather. Aplikasi ini juga menampilkan animasi interaktif sesuai dengan kondisi cuaca, seperti hujan, serta prakiraan waktu hujan akan mulai atau berhenti.

© Copyright 2024 Kupas Jambi - All Rights Reserved